Majors Details
Pemodelan Perangkat Lunak dan GIM
Tentang Jurusan
Semakin berkembangnya teknologi informasi, dibutuhkan lulusan yang dapat mengikuti perkembangan teknologi. Oleh karena itu SMK Pasundan Subang membuka jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) untuk memenuhi kebutuhan tenaga programmer muda di Indonesia.
Program studi Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak) memberikan pengetahuan tentang prinsip dan teknik untuk mendesain perangkat lunak yang tepat guna, tangguh, dan mudah digunakan. Para siswa akan mempelajari cara mendesain dan menganalisis algoritma dan pemrograman menggunakan struktur data yang efisien serta mengembangkan sistem operasi dan aplikasi berbasis desktop, web dan mobile (perangkat bergerak).
Peningkatan sistem komputer dan banyaknya informasi menyebabkan diperlukannya ketersediaan perangkat lunak yang tangguh dalam mengintegrasikan keduanya. Selain itu, start-up dalam bisnis digital semakin bertumbuh dan berkembang yang menyebabkan terciptanya beragam model bisnis digital baru. Hal ini menyebabkan ide inovasi bisnis digital serta teknologi membutuhkan Software Engineer yang kreatif dan inovatif. Tingginya peranan Software dan Software Engineer telah dibuktikan dalam penciptaan peluang bisnis baru and juga lapangan kerja sebagai Software Engineer yang terbuka lebar.
Kompetensi/materi yang di ajarkan pada Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) diantaranya yaitu :
- Pemrograman Web dengan PHP
- Pemrograman C++ dan Visual Basic.Net
- Pemrograman Mobile Android
- Pemrograman JAVA
- Database MySQL dan SQL Server
Sedangkan profesi/bidang pekerjaan yang merupakan lulusan dari Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) diantaranya yaitu :
- Front End Developer
- Back End Developer
- Full Stack Developer
- Game Tester
- Programmer Junior
- Implementator
- Technical Support
- Documenter Application
- Staff IT Dll.
Mata Pelajaran
-
lorem ipsum lor do lor si amit
-
lorem ipsummm
-
Nama Sekolah :
Bidang Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kompetensi Keahlian : Rekayasa Perangkat Lunak
Mata Pelajaran : Pemrograman Dasar
Durasi (Waktu) : 144 jam
Kelas/Semester : X
KI-3 (Pengetahuan) : Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Komputer dan Informatika pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI-4 (Keterampilan) : Melaksanakan tugas spesifik, dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Komputer dan Informatika. Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.